5 Kata kata Bijak untuk Membangkitkan Semangat Berubah

Salah satu hal yang abadi dalam hidup ini adalah perubahan. Ketika seseorang tak mau berubah dari yang buruk menjadi baik atau dari baik menjadi lebih baik, maka dia layaknya orang yang jatuh pada lubang yang sama.

Padahal Tuhan telah menganugerahkan manusia akal untuk berpikir manakah jalan terbaik untuk menempuh kesuksesan hidup dan kedekatan dengan-Nya.

Ya, apabila kamu enggan berubah itu sama artinya dengan menyia-nyiakan nikmat Tuhan untuk menjadi lebih baik.

Bagi kamu yang kini sedang berusaha untuk berubah ke arah yang lebih baik, membaca kata kata bijak tentang perubahan di bawah ini bisa jadi salah satu upayamu untuk konsisten bergerak ke arah lebih baik.

5 Kata Bijak untuk Membangkitkan Semangat Berubah

Berikut beberapa kata bijak perubahan dari orang-orang yang terhitung telah berhasil melakukan banyak perubahan dalam hidupnya, yaitu:

Cara berubah terbaik adalah dimulai dari hal kecil secara konsisten

“Jangan terlalu muluk untuk melakukan perubahan besar-besaran dalam sehari. Kamu hanya perlu melakukan perubahan kecil dan lakukan itu setiap hari.” – Bong Chandra

Berlebihan itu tak baik, termasuk dalam hal perubahan. Terlalu banyak rencana justru membuatmu kelimpungan.

Kunci untuk sukses adalah fokus terhadap tujuan tertentu, sehingga energi yang tersedia lebih besar.

Sebagaimana ungkapan pengusaha sekaligus motivator, Bong Chandra, terpenting adalah melakukan perubahan itu secara konsisten meski dalam hal kecil. Ya, semuanya butuh proses. Memiliki obsesi besar itu boleh, tapi harus cerdas dalam perencanaannya.

Misal, kamu berencana untuk resign dari tempat kerja dan berubah menjadi seorang pengusaha, maka jalani dengan bertahap.

Sebab untuk berubah itu membutuhkan bekal. Sebelum memutuskan berhenti, ubah terlebih dahulu mental karyawanmu, miliki pandangan usaha yang akan dijalani, hingga akhirnya kamu siap berganti profesi.

Tahap awal memulai perubahan

Kata kata bijak perubahan

“Ketidakpuasan adalah hal pertama yang diperlukan untuk sebuah perubahan.” – Thomas Alva Edison

Mustahil kamu menginginkan perubahan tanpa adanya rasa tidak puas. Namun masalahnya, terkadang diri terjebak dalam zona nyaman, sehingga enggan untuk bergerak lebih baik.

Bukan menyarankan untuk tidak bersyukur, namun bukankah dalam agama diajarkan bahwa orang beruntung selalu lebih baik dari hari kemarin?

Rasa tidak puas dalam kebaikan akan menumbuhkan semangatmu untuk naik tingkat.

Bagi kamu yang belum memiliki niatan untuk berubah, renungkanlah mulai sekarang. Sudah cukupkah nilai ibadahmu? Sudah maksimalkah dengan hasil yang kamu capai? Benarkah kamu sudah cukup membantu orang lain selama ini? Apakah kamu yakin tidak ada perbuatan yang kurang baik (kurang produktif) yang membutuhkan perubahan?

Bekal utama perubahan adalah kekuatan

“Menciptakan perubahan jauh lebih mudah dilakukan bukan ketika kamu punya uang, melainkan ketika kamu punya kekuatan.” – Alanda Kariza

Masihkah kamu berpikir kalau berubah harus memiliki banyak uang? Lalu, bagaimana dengan kenyataan bahwa banyak orang sukses yang awalnya kurang dalam ekonomi?

Ya, ungkapan Alanda Kariza diatas bisa jadi penjelasannya. Bekal utama dari perubahan adalah kekuatan, yakni niat yang kuat dan sikapmu.

Selama kamu memiliki mental positif, niat yang benar, serta komitmen, maka perubahan sebesar apapun lebih mudah kamu laksanakan. Jangan menunggu sempurna, sebab kesempatan sering tak datang dua kali.

Berubah itu menciptakan sebab dari akibat yang kamu inginkan

“Kamu tidak bisa menjadi seperti apa yang kamu inginkan dengan tetap menjadi seperti dirimu sekarang ini.” – George Bernard Shaw

Kamu tentu tahu bahwa kehidupan ini berjalan dengan cara sebab-akibat. Jika kamu menginginkan sesuatu, maka jalani langkah untuk mendapatkannya.

Logika sederhana, apabila kamu lapar, satu-satunya cara agar kenyang adalah makan bukan membayangkan enaknya makanan.

Hukum ini berlaku untuk semua impianmu. Kamu harus mengubah keadaanmu saat ini sesuai dengan kebutuhanmu untuk sukses.

Kunci bisa berubah adalah kemauan diri sendiri

“Hanya aku yang bisa mengubah hidupku. Tidak ada seorangpun yang bisa melakukannya untukku.” – Carol Burnett

Jangan pernah berharap orang lain merubahmu, sebab kuncinya dirimu sendiri. Sehebat apapun motivator menasehati, namun apabila dirimu tak mau berpikiran terbuka, maka tak akan ada gerakan perubahan dalam hidupmu.

Oleh karena itu, bangunlah pikiran positif,  jangan bergantung pada orang lain, kemudian bulatkan tekad untuk berubah.

Apakah kini kamu semakin yakin untuk berubah? Agar tekadmu semakin kuat dan konsisten, peganglah dengan kata kata bijak motivasi perubahan diatas. Bila perlu baca dan renungkan setiap menjelang tidur dan bangun pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *